Senin, 11 April 2016

Indomaret Marketing Plan


EXECUTIVE SUMMARY
Di Indonesia bisnis yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Bisnis ini terus berkembang sesuai  pola hidup dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berusaha di bidang minimarket dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era globalisasi.
Indomaret adalah jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok, kebutuhan sehari-hari dan beberapa perlengkapan lainnya. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, awal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama yang dibuka ada di Ancol, Jakarta Utara.
Indomaret dapat dengan mudah dijumpai di daerah ramai penduduk seperti fasilitas umum, gedung perkantoran dan perumahan karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Banyak sekali jenis produk berupa makanan dan dan kebutuhan sehari-hari lainnya tersedia dengan harga setara dengan tempat lainnya, sehingga dapat memenuhi hamper semua kebutuhan konsumen sehari-hari. Didukung oleh pusat-pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza dan Charmant.

ANALISIS SITUASI
Analisis lingkungan Internal
-    Produk franchise yang ditawarkan Indomaret di nilai baik dan Indomaret tidak pernah melakukan inovasi terhadap pengorganisasian franchise-nya.
-          Harga pembelian franchise Indomaret lebih tinggi daripada produk pesaing.
-          Lokasi penempatan head office, maupun gerai-gerai Indomaret dinilai strategis.
-          Promosi penjualan franchise Indomaret kurang gencar dilakukan dan prromosi yang dilakukan Indomaret atas franchise-nya kurang menarik dibandingkan produk pesaing.
-          Sistem manajemen Indomaret dinilai baik dan Standard and Operating Procedure lebih di setujui.
-          Proses seleksi yang dilakukan franchisor kepada franchisee cukup lama dan prosedur pembelian franchise Indomaret rumit.
-          Dalam posisinya Indomaret berhasil bersaing dengan franchise retail sejenis dalam merebut pasar franchise retail dan berhasil menempatkan citra dibenak konsumen.
-          Franchisee ditempatkan sebagai mitra terpenting oleh Indomaret dan evaluasi yang dilakukan oleh Indomaret ke gerai-gerai cukup rutin dilakukan.

Analisis lingkungan Eksternal
-          Adanya peraturan pemerintah yang mendukung usaha waralaba yaitu:
·         Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 259/MPP/KEP/7/1997 Tanggal 30 Juli 1997 tentang Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba.
·         Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba
·         Undang-undang No. 14 Tahun 2001 tentang Paten.
·         Undang-undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek.
·         Undang-undang No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang.
-          Masih ada beberapa daerah yang memiliki kepadatan penduduk dan lokasi strategis yang berpotensi untuk didirikannya gerai Indomaret.
-          Adanya perusahaan pesaing dengan produk retail sejenis
-          Era globalisasi yang mendorong masyarakat untuk memilih sarana yang praktis dan nyaman.
-          Ada beberapa pameran Waralaba di Indonesia yang secara berkala mengadakan roadshow diberbagai daerah dan jangkauannya nasional
-          Ada beberapa asosiasi waralaba di Indonesia.

Analisis lingkungan Pelanggan
-          Warganegara Indonesia sedang popular mengenai bisnis waralaba
-          Banyak warganegara Indonesia memiliki cukup modal dan ingin berwirasuasta
-          Pola pikir masyarakat untuk berusaha dengan sistem kerjasama
-          Masyarakat lebih berminat berusaha dengan bentuk investasi
-          Keinginan masyarakat untuk memiliki usaha sampingan.

 
ANALISIS SWOT
1. Strengths ( kekuatan )
-          Indomaret telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam persaingan nasional.
-          Investasi franchise Indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif, Indomaret berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta.
-          Penempatan lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis.
-          Tingkat upah karyawan yang relatif rendah berkisar 600 ribu rupiah perbulan. Sehingga mampu menekan biaya operasional serendah mungkin.
-          Indomaret adalah salah satu franchise yang bergerak dibidang ritail yang siap go Internasional.
-          Indomaret mampu menjual barang eceran dengan harga lebuh murah,karena Indomaret mengambil pasokan barang dari salah satu distributor terbesar produk kebutuhan sehari-hari yaitu Indomarco.
-          Indomaret merupakan pelopor waralaba bidang ritail di Indonesia. Indomaret mewaralabakan sejak tahun 1997.

2. Weaknesses ( kelemahan )
-          Franchise fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan Indomaret yaitu 75 juta rupiah per 5 tahun, sedangkan Alfamart 45 juta rupiah per 5 tahun.
-          Berbagai daerah kurang mengenal Indomaret, karena kurangmya promosi.
-          Break Event Points yang ditawarkan Indomaret 4 tahun, lebih lama dibandingkan pihak pesaing.

3. Opportunities ( peluang )
-          Masih terdapat beberapa daerah yang potensial namun belum dimasuki oleh Indomaret. Dengan waralaba Indomaret dapat lebih mudah melakukan eksploitasi ke daerah-daerah yang potensial tresebut.
-          Dengan adanya perdagangan bebas, maka peluang mengembangkan franchise akan semakin besar.
-          Perlunya promosi yang lebih gencar agar franchise Indomaret lebih dikenal dan laku di pasaran.
-          Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana di Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin tubuh subur 12,5 %.
-          Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih cepat dengan menggunakan modal seminimal mungkin.

4. Threats ( Ancaman )
-          Adanya franchisor lain yang terus mengikuti langkan Indomaret dalam mencari franchisee.
-          Terdapat perusahaan franchise yang sejenis dengan harga jual franchise yang hampir sama.
-          Adanya kemungkinan beberapa gerai milik franchise yang dapat menurunkan reputasi nama franchise akibat kegagalannya memenuhi baku standar tertentu yang kemudian melakukan komplain.
-          Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan yang dimiliki franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing franchisor.
-          Adanya franchise asing memasuki pangsa pasar indonesia ,maka secara tidak langsung akan memberikan dampak negatif terhadap perusahaan.

Matrik SWOT Indomaret
 

 Tujuan dan Sasaran Pemasaran
Tujuan
Menjadikan Indomaret suatu bentuk investasi yang menarik, dan membantu para pelaku usaha dalam mengelola dan memiliki sendiri gerai Indomaret dengan tingkat kegagalan yang rendah.

Sasaran
-          Menyediakan bidang usaha yang relatif stabil.
-          Minimal selama 5 tahun mampu menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sehat.
-          Menggunakan konsep saling mengunungkan dan saling percaya antara franchisor dan franchisee.
-          Menyediakan sistem dan format bisnis yang teruji.

Strategi Pemasaran
Berikut adalah strategi yang optimal untuk dilaksanakan agar berdampak positif  terhadap franchisee Indomaret:
1.      Sebaiknya Indomaret mau mempertimbangkan keluhan dari franchisee dengan menurunkan sedikit harga franchise fee-nya untuk periode selanjutnya. Dengan tujuan agar franchisee mau memperpanjang masa kontraknya dengan Indomaret dan franchisee tidak berpindah ke franchisor pesaing
2.      Dengan proses seleksi franchisee yang ketat maka kelangsungan perusahaan dan kelangsungan gerai milik franchisee akan tetap terjamin dan keduabelah pihak antara franchisor dengan franchisee saling mendapatkan keuntungan. Namun proses tidak perlu memakan banyak waktu dan terlalu bertele-tele.
3.      Indomaret harus bisa menjaga kualitas franchise-nya, maka secara tidaklangsung akan mendapat simpati tersendiri dari investor.
4.      Indomaret sebaiknya mempertimbangkan tingkat omset yang didapatkan tiap gerai dengan jumlah karyawanya, dengan tujuan menekan biaya operasional serendah mungkin dan memperoleh laba lebih banyak, secara optimal.
5.      Indomaret sebaiknya menjaga sistem distribusinya agar tiak terlambat, sehingga produk yang dijual franchisee tidak sering mengalami kekosongan.

1 komentar:

  1. nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.

    BalasHapus