Minggu, 10 April 2016

Mengelola Pedagang Eceran, Grosir, dan Logistik


Kamis, 30 Mei 2013

Mengelola Pedagang Eceran, Grosir, dan Logistik



( Mengelola Pedagang Eceran, Grosir, dan Logistik )

2.1     Pedagang Enceran
Perdagangan eceran  (retailing) termasuk semua aktifitas  dalam menjual barang atau jasa langsung ke konsumen akhir untuk kebutuhan pribadi non bisnis.

Pengecer (retailer) atau toko eceran (retail store) adalah semua badan usaha yang volume penjualannya terutama dating dari penjualan eceran.


2.1.1  Jenis Pengecer Utama Toko

1.   Toko Khusus (Specially Store), yaitu toko lini produk dijual dengan sempit dengan berbagai pilihan yang sama. Seperti toko sepatu, toko bunga, toko pakaian dan toko perlengkapan olahraga.

2.   Toko Serba Ada (Departement Store), yaitu toko yang menjual beberapa lini produk, biasanya menjual pakaian, perlengkapan dan barang kebutuhan rumah tangga dan biasanya tiap lini tersebut beroperasi sebagai departemen tersendiri yang dikelola oleh pembeli spesialis atau pedagang khusus.

3.   Pasar Swalayan, yaitu toko dimana operasinya lebih besar dengan biaya dan marjin rendah, tetapi bervolume tinggi. Swalayan dirancang untuk melayani semua kebutuhan konsumen seperti makanan dan produk peralatan rumah.

4.   Toko Kenyamanan (Convenience Store), yaitu toko yang relative kecil dan terletak di daerah pemukiman, mempunyai jam buka yang panjang selama 7 hari selama seminggu, serta menjual lini dalam produk bahan pangan yang terbatas dan memiliki tingkat perputaran tinggi.

5.   Toko Diskon ( Discount Store ), yaitu toko yang menjual barang standar dengan harga       lebih murah karna mengambil marjin yang lebih rendah dan menjual dengan volume yang tinggi. Dan umumnya menjual merek nasional, bukan barang bermutu rendah.

6.   Pengecer Potongan Harga ( Off-Price Retail ), yaitu toko dimana membeli dengan harga yang lebih rendah dari pada harga pedagang besar dan menetapkan harga untuk konsumen lebih rendah dari pada harga eceran, sering merupakan barang sisa, berlebih dan tidak regular yang diperoleh dengan harga yang lebih rendah dari produsen atau pengecerlainnya.

7.   Toko Super ( Super Store ), yaitu toko yang rata-rata memiliki ruang jual yang sangat luas dan bertujuan untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen akan produk makanan dan bukan makanan yang dibeli secara rutin. Toko super dapat dibedakan menjadi :
1)   Toko Kombinasi ( Combination Store ), merupakan difersifikasi usaha swalayan ke     bidang obat-obatan.
2) Pasar Hiper ( Hipermarket ), yaitu toko yang menggabungkan prinsip-prinsip pasar swalayan, toko diskon serta pengecer gudang, ragam produk nya lebih dari sekedar barang-barang rutin yang dibeli tapi meliputi mebel, peralatan besar dan kecil, pakaian dan beberapa jenis lainnya.

8.   Ruang Pameran, yaitu menjual banyak pilihan produk bermerek, mark-up tinggi, perputaran cepat dengan harga diskon. Pelanggan memesan barang tersebut dari suatu area pengambilan barang di toko itu.

2.1.2  Tingkatan Layanan
Pengecer memosisikan diri menawarkan satu dari empat tingkat layanan, yakni:
1)  Swalayan (self-service), adalah landasan semua usaha diskon. Banyak pelanggan          besedia melakukan proses menemukan, membandingkan, dan memilih sendiri guna menghemat uang.
2)  Memilih sendiri (self-selection), pelanggan mencari barang sendiri, walaupun mereka dapat meminta bantuan.
3)  Layanan terbatas (limited-service), pengecer ini lebih banyak menjual barang belanja, dan pelanggan memerlukan banyak informasi dan bantuan.
4)  Layanan penuh (full-service), wiraniaga siap membantu dalam setiap tahap proses menentukan, menemukan, membandingkan, memilih tersebut.


2.1.3  Kategori Usaha Eceran Non-toko

1.    Penjualan Langsung 
Disebut juga penjualan multilevel dan pemasaran jaringan, dengan ratusan  perusahaan menjual dari pintu ke pintu atau kegiatan penjualan di rumah.



AmwayPh3

Contoh: Amway yang memberi kompensasi persentase penjualan


2.    Pemasaran Langsung 
Yakni pemasaran surat langsung (pemasaran jarak jauh/telemarketing, pemasaran televisi respon langsung dan belanja elektronik) dan catalog.



amazon_2

Contoh: Amazon.com sebagai situs penjualan  online yang sukses


3.    Mesin Otomatis
Menawarkan berbagai barang, seperti minuman ringan, kopi, permen, surat kabar,
majalah, dan lain-lain di berbagai tempat.




Contoh: Di Jepang, negara dengan mesin otomatis terbanyak, Coca Cola memiliki lebih dari 1 juta mesin.

4.    Layanan Pembelian 
Yakni pengecer tanpa toko yang melayani klien tertentu (biasanya karyawan organisasi besar) yang ingin membeli dari sejumlah pengecer yang setuju memberi diskon sebagai imbalan keanggotaan.


2.1.4  Lingkungan Eceran Baru



Contoh: Whole Foods Market, gerai makanan yang memberi contoh lingkungan
eceran baru seperti karyawan yang siap membantu dan produk yang unik.


2.1.5  Perkembangan Lingkungan Eceran Lainnya

1.   Bentuk dan Kombinasi Eceran Baru



      Contoh: Loblaw’s Supermarkets  yang menambahkan klub kebugaran di toko.     
2.   Pertumbuhan Persaingan Antarjenis
Contoh: Department store yang harus bersaing dengan jenis toko berbeda seperti toko diskon dan ruang pamer katalog karena memiliki konsumen yang sama dengan menjual jenis barang yang sama. 
     
3.   Persaingan antara Pengecer Berbasis Toko dan Nontoko


kmart%2520photo

Contoh: Kmart yang memperluas bisnis dengan membuka penjualan online.


4.   Pertumbuhan Pengecer Raksasa


wal-mart-vs-k-mart

Contoh: WalMart, supercenter yang menggabungkan  barang makanan dan  pilihan barang bukan makanan.


5.    Penurunan Pengecer Pasar Menengah


kohls

Contoh: Kohl’s memperoleh kesuksesan saat memasukkan nama-nama trendi    seperti Vera Wang dan majalah Elle untuk merancang lini eksklusif.

.
6.   Profil Global Pengecer Utama
Kini banyak pengecer dengan format unik dan positioning merk yang kuat di negara lain.
Contoh: hipermarket ,Carrefour dari Perancis.
carrefour-france





2.1.6    Keputusan Pemasaran

a.   Pasar Sasaran

Sebelum pengecer mendefinisikan dan menentukan profil pasar sasaran, pengecer tidak dapat membuat keputusan konsisten tentang pilihan produk, dekorasi toko, pesan dan media iklan.  
                   

b.   Pilihan Produk

Sebelum pengecer mendefinisikan dan menentukan profil pasar sasaran, pengecer tidak dapat membuat keputusan konsisten tentang pilihan produk, dekorasi toko, pesan dan media iklan.

Kemungkinan pengembangan strategi diferensiasi produk:
•              Menampilkan merk nasional yang ekslusif yang tidak tersedia di pengecer pesaing.
•              Menampilkan hampir seluruhnya barang merk pribadi (private label).
•              Menampilkan acara besar tentang barang yang unik.
•              Menampilkan barang yang mengejutkan atau terus berubah.

Kemungkinan pengembangan strategi diferensiasi produk (cont’d):
•              Menampilkan barang terkini atau terbaru terlebih dahulu.
•  Menawarkan layanan penyesuaian (customization) barang.
•  Menawarkan pilihan bagi target yang sangat dicari.


c.   Pengadaan Barang

• Setelah memutuskan strategi pilihan produk, pengecer harus menentukan sumber barang, kebijakan dan praktik.

• Pengecer dengan cepat meningkatkan keterampilan dalam meramalkan permintaan, pemilihan barang, pengendalian stok, alokasi ruang dan tampilan.



tj

Contoh: Trader Joe’s memiliki jaringan pengadaan barang internasional yang dapat meluncurkan produk baru sepanjang waktu dan memastikan tidak ada barang tak populer bertahan lama dalam toko.






d.  Harga

Harga adalah faktor positioning kunci dan harus diputuskan dalam hubungannya dengan pasar sasaran, bauran pilihan produk dan jasa, dan persaingan. Pengecer harus memperhatikan taktik penetapan harga.



walmart

Contoh: WalMart  mengabaikan “penetapan harga obral” dan lebih menyukai “penetapan harga rendah setiap hari” (ELDP).


e.  Jasa
Bauran jasa adalah alat kunci untuk mendiferensiasikan satu toko dari toko lainnya.

Bauran jasa yang dapat diberikan antara lain:
  Layanan prapembelian, meliputi menerima telepon dan pesan melalui surat, iklan,  dll.
•  Layanan pascapembelia, meliputi pengiriman dan penghantaran, pembungkusan hadiah, pengukiran nama, dll. 
  Layanan tambahan, mencakup informasi umum, tempat parkir, toilet, restoran, layanan penjagaan bayi, kredit, dll.


f.  Atmosfer Toko

Atmosfer adalah elemen lain dalam melengkapi toko. Setiap toko mempunyai penampilan dan tata letak fisik yang bisa mempersulit atau mempermudah orang untuk bergerak.



Sony-Style-Store-Front

Contoh: Toko SonyStyle menggunakan aroma jeruk mandarin dan sedikit vanilla
yang dirancang khusus. Seluruh permukaan di toko SonyStyle juga dirancang untuk dapat di sentuh, dari kaca berukir dengan sudut siku-siku di atas konter sampai kertas sutra dan panel dari kayu maple.




g.  Kegiatan dan Pengalaman Toko

Pertumbuhan e-commerce memaksa pengecer tradisional merespon dengan membangun atmosfer berbeda, termasuk menciptakan hiburan dalam toko.

Contoh: Victoria’s secret menggunakan konsep  “teater eceran” sehingga  pelanggan merasa berada dalam suasana di novel romantis.

h.   Komunikasi

Pengecer menggunakan sarana komunikasi yang beragam untuk menghasilkan pembelian.

Komunikasi dapat dilakukan melalui :
•    Pemasangan iklan
•    Penjualan khusus
•    Penerbitan kupon diskon
     •    Hingga program penghargaan kepada konsumen yang paling sering berbelanja, dll.

i.        Keputusan Lokasi
Pengecer dapat menempatkan toko-tokonya di lokasi:

•   Pusat Kawasan Bisnis
   Wilayah kota yang paling tua dan lalu lintasnya paling ramai, sering disebut sebagai “pusat kota”.

•   Pusat Belanja Regional
Mal dipinggiran kota diisi oleh 40-200 toko, biasanya terdapat satu atau dua toko utama yang terkenal secara nasional seperti JCPenney dan sejumlah toko kecil di bawah operasi waralaba.

•   Pusat Perbelanjaan Setempat
Mal yang lebih kecil dengan satu toko utama dan sekitar 20-40 toko yang lebih kecil.
•   Jalur Belanja
Sekumpulan toko, biasanya terletak pada satu gedung yang panjang, menyediakan kebutuhan masyarakat sekitar untuk kebutuhan bahan pangan, perkakas, laundry, perbaikan sepatu dan dry cleaning.

•   Lokasi di dalam sebuah toko yang lebih besar


dunkin-donuts-box

Contoh: Dunkin Donut’s menempatkan unit baru dan lebih kecil sebagai ruangan khusus pada toko atau pusat kegiatan lebih besar seperti bandara udara sekolah atau department store.
\
2.1.7     Label Pribadi (Private Label Brand)
Adalah merek yang dikembangkan oleh pengecer atau pedagang grosir.
Contoh: makanan anjing WalMart, Ol’Roy, telah melampaui Purina dari Nestle sebagai makanan anjing paling laris.

Ø Peranan Merk Pribadi

Alasan perantara mensponsori merk pribadi:
•  Lebih menguntungkan sebab dapat menekan biaya produksi dan distribusi.
• Pengecer mengembangkan merk toko ekslusif untuk mendiferensiasikan diri dari     pesaing.

Namun, sebagian pengecer telah kembali ke strategi “tanpa merk” bagi barang konsumen dan obat. Generik adalah produk umum yang tidak bermerek, di kemas secara sederhana, versi yang lebih murah untuk produk seperti spaghetti, kertas tisu, dan buah kalengan. Produk generic bisa murah karena bahan bakunya yang berkualitas lebih rendah, pelabelan dan kemasan yang lebih murah, dan iklan yang minim.



muji_nyt_a

Contoh: Mujirushi Ryohin (Muji),  terkenal sebagai perusahaan pengecer di Jepang dengan “etos tanpa merek” dan menetapkan harga yang rendah.


Ø  Ancaman Label Pribadi
Kini, pengecer membangun kualitas yang lebih baik untuk merek tokonya dan menekankan kemasan yang  menarik.


Safeway%2520Shopping%2520Cart

Contoh: Safeway mengeluarkan dana hingga $100 juta untuk mengiklankan produknya.
2.2     Perdagangan Grosir
Yakni mencakup semua kegiatan dalam penjualan barang atau jasa kepada mereka yang membeli atau menjual kembali untuk keperluan bisnis.

2.2.1    Perbedaan Pedagang Grosir dengan Pengecer
1.   Pedagang Grosir tidak terlalu memperhatikan promosi, atmosfer dan lokasi.
2.   Transaksi grosir lebih besar dari eceran.
3.   Pemerintah menangani pedagang grosir dan pengecer dengan cara berbeda berdasarkan peraturan hukum dan pajak.

2.2.2  Jenis Pedagang Grosir Utama

1.   Pedagang Grosir, yaitu bisnis yang dimiliki secara independen dan memiliki hak atas barang yang mereka tangani. Mereka adalah pemborong layanan penuh dan layanan terbatas, distributor, perusahaan pemasok pabrik.
2.   Pedagang Grosir Layanan Penuh, yaitu memiliki stok, memiliki tenaga penjualan, melakukan pengiriman, menyediakan bantuan manajemen.
3.   Pedagang Grosir Layanan Terbatas, seperti Pedagang grosir truk menjual dan mengantarkan lini terbatas barang yang agak tahan lama ke swalayan, toko bahan pangan, rumah sakit, restoran, hotel.
4.   Pialang dan Agen, yaitu memfasilitasi pembelian dan penjualan, dan mendapatkan komisi 2% sampai 6% dari harga jual, fungsi terbatas, biasanya dikhususkan berdasarkan lini produk atau jenis pelanggan.
5.   Cabang dan Kantor Produsen serta Pengecer, yaitu kegiatan perdagangan grosir dilakukan oleh penjual atau pembeli sendiri dan bukan melalui pedagang grosir independen.
6.   Pedagang Grosir Khusus, yaitu pengumpul pertanian ( membeli hasil pertanian dari banyak usaha tani ), pabrik dan terminal minyak curah ( mengkonsolidasikan hasil berbagai sumur), dan perusahaan lelang (melelang mobil, peralatan dan sebagainya ke penyalur dan bisnis lain.


2.2.3    Fungsi-Fungsi Yang Dilaksanakan Pedagang Grosir
                                                           
1.      Penjualan dan Promosi
      Tenaga penjualan pedagang grosir membantu produsen dalam menjangkau banyak pelanggan bisnis kecil dengan biaya yang relatif rendah.

2.      Pembelian dan pembentukan pilihan barang
      Pedagang grosir mampu memilih barang dan menciptakan pilihan yang dibutuhkan pelanggan mereka, menghemat banyak pekerjaan.

3.      Pemecah jumlah besar
      Pedagang grosir mendapatkan penghematan untuk pelanggan mereka dengan membeli dalam jumlah yang besar dan memecah jumlah besar itu menjadi unit yang lebih kecil.

4.      Pergudangan
      Pedagang grosir menyimpan persediaan sehingga mengurangi biaya persediaan dan resiko bagi pemasok dan pelanggan.

5.      Transportasi
      Pedagang grosir sering kali dapat memberikan pengiriman yang lebih cepat kepada pembeli karena mereka lebih dekat dengan pembeli.

6.      Pembiayaan
      Pedagang grosir membiayai pelanggan dengan memberikan kredit, dan membiayai pemasok dengan memesan lebih awal dan membayar tagihan tepat waktu.

7.      Penanggungan Risiko
      Pedagang grosir menyerap sejumlah risiko dengan mengambil alih hak kepemilikan dan menanggung biaya pencurian, kerusakan, tumpah, dan keusangan.

8.      Informasi  Pasar
      Pedagang grosir memasok informasi tentang kegiatan pesaing, produk baru, perkembangan harga, dan seterusnya kepada pemasok dan pelanggan.

9.      Layanan Manajemen dan Konseling
      Pedagang grosir sering membantu pengecer meningkatkan operasi mereka dengan melatih penjaga toko, membantu tata letak dan tampilan toko, dan membuat sistem akuntansi dan kendali persediaan.


2.2.4  Tren dalam Perdagangan Grosir
Pedagang grosir yang andal berjuang menghadapi tantangan dan menyesuaikan layanannya untuk memenuhi kebutuhan pemasok dan pelanggan sasaran yang terus berubah. Mereka menyadari bahwa mereka harus menambah nilai kepada saluran. Salah satu dorongan utama bagi pedagang grosir adalah meningkatkan produktivitas asset dengan mengelola persediaan dan piutang dengan lebih baik. Mereka juga mengurangi biaya operasi dengan lebih banyak berinvestasi dalam teknologi penanganan bahan, sistem informasi dan internet. Terakhir, mereka meningkatkan keputusan strategis mereka tentang pasar sasaran, pilihan produk dan jasa, harga, komunikasi dan distribusi.

Empat cara memperkuat hubungan pedagang grosir dengan produsen:
1. Mengusahakan kesepakatan yang jelas dengan produsen tentang fungsi yang diharapkan di saluran pemasaran.
2. Mendapatkan gambaran kebutuhan produsen dengan mengunjungi pabrik.
3. Memenuhi komitmen ke produsen dengan memenuhi sasaran volume, membayar tagihan tepat waktu, dll.
4. Mengidentifikasi dan menawarkan layanan bernilai tambah untuk membantu pemasok



Contoh: W.W Grainger, perusahaan pemasok produk pemeliharaan fasilitas yang dibantu lebih dari 1.300 produsen untuk menawarkan pada pelanggan lebih dari 800.000 persediaan dan suku cadang perbaikan secara keseluruhan.  
2.3     Logistik Pasar
Meliputi perencanaan infrastruktur untuk memenuhi permintaan, lalu mengimplementasikan dan mengendalikan aliran fisik bahan dan barang akhir dari titik asal ke titik penggunaan, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan laba.

2.3.1  Tahap Perencanaan Logistik
1.   Memutuskan proposisi nilai perusahaan bagi pelanggannya
2.   Memutuskan rancangan saluran dan strategi jaringan terbaik untuk menjangkau pelanggan.
3.   Mengembangkan kesempurnaan operasional dalam peramalan, penjualan, manajemen gudang, manajemen transportasi, dan manajemen bahan
4.   Mengimplementasikan solusi dengan sistem informasi, peralatan, kebijakan, dan prosedur terbaik.

2.3.2    Sistem Logistik Terintegrasi

Meliputi manajemen bahan, sistem aliran bahan, dan distribusi fisik dibantu oleh teknologi informasi (TI). Logistik pasar meliputi beberapa kegiatan. Pertama adalah peramalan penjualan, berdasarkan jadwal distribusi, produksi dan tingkat persediaan perusahaan. Rencana produksi mengindikasikan bahan yang harus di pesan departemen pembelian. Bahan ini tiba melalui transportasi ke dalam, memasuki wilayah penerimaan, dan disimpan di persediaan bahan mentah. Bahan mentah di ubah menjadi barang jadi. Persediaan barang jadi merupakan penghubung antara pesanan pelanggan dan kegiatan manufaktur. Pesanan pelanggan menurunkan tingkat persediaan barang jadi, dan kegiatan manufaktur meningkatkannya. Barang jadi mengalir dari lini perakitan dan melewati proses pengemasan, gudang dalam pabrik, pemrosesan ruang pengiriman, transportasi ke luar, gudang lapangan, serta pengiriman dan layanan pelanggan.

Contoh: FedEx bekerja sama dengan Volvo dalam menyalurkan suku cadang truk dari permintaan melalui telepon.
Fedex1-714160

2.3.3    Tujuan Logistik Pasar
Banyak perusahaan menyatakan tujuan logistic pasar mereka sebagai “menempatkan barang yang tepat di tempat yang tepat pada saat yang tepat dengan biaya terendah”. Sayangnya, tujuan ini hanya memberikan sedikit panduan praktis. Tidak ada sistem yang dapat memaksimalkan layanan pelanggan dan meminimalkan biaya distribusi pada saat yang sama. Layanan pelanggan maksimum mengimplikasikan persediaan besar, transportasi premium, dan berbagai gudang yang semuanya meningkatkan biaya logistic pasar. Perusahaan juga tidak dapat mencapai efisiensi logistic pasar dengan meminta setiap manajer logistic pasar meminimalkan biaya logistiknya sendiri. Biaya logistic pasar berinteraksi dan sering berhubungan secara negatif.
Contoh: Land’s End, pengecer pakaian raksasa menetapkan tujuannya untuk “merespons semua panggilan dalam 20 detik dan mengirim pemesanan dalam 24 jam setelah penerimaan pemesanan”.


2.3.4   



Kalkulasi Biaya Sistem Logistik Pasar

Pemilihan sistem logistik pasar memerlukan pengamatan total biaya (M) yang berhubungan dengan berbagai sistem yang direncanakan dan memilih sistem yang meminimalkannya. Jika sulit mengukur S, perusahaan harus berusaha meminimalkan T + FW + VW untuk tingkat layanan pelanggan yang ditargetkan.


2.3.5  Keputusan Logistik Pasar

1.      Pemrosesan Pemesanan
      Perusahaan berusaha mempersingkat siklus pemesanan sampai pembayaran – yakni waktu antara penerimaan pesanan, pengiriman, dan pembayaran.

Contoh: General Electric mengoperasikan sistem informasi yang memeriksa kredit pelanggan terhadap penerimaan pesanan dan menentukan apa dan di mana barang disimpan.

2.      Pergudangan
      Fungsi penyimpanan adalah membantu memperlancar perbedaan antara produksi dan jumlah yang diinginkan oleh pasar.

•    Gudang Penyimpanan   :  Menyimpan barang untuk jangka waktu menengah   sampai panjang
•     Gudang Distribusi         :   Menerima barang dari berbagai pabrik perusahaan dan pemasok serta memindahkan sesegera mungkin.
•    Gudang Otomatis         :  Menerapkan sistem penanganan bahan yang maju di bawah kendali komputer pusat.

3.      Persediaan
Manajemen harus mengetahui tingkat stok yang diperlukan untuk menempatkan pesanan baru (titik pesanan). Perusahaan juga harus menyeimbangkan antara:
•   Biaya pemrosesan pesanan (biaya setup dan biaya pelaksanaan)
•   Biaya penyimpanan persediaan (biaya penyimpanan, biaya modal, pajak dan asuransi, serta penyusutan dan keusangan).




Menentukan Kuantitas Pesanan Optimal


Contoh: Sony menetapkan sistem ‘persediaan mendekati nol’, yang disebut sebagai SOMO (sell one,make one). Sistem ini mengharuskan perusahaan membuat sesuai pesanan, tidak stok.

4.      Transportasi
Pilihan transportasi akan mempengaruhi penetapan harga  produk, kinerja pengiriman tepat waktu, dan kondisi barang ketika barang itu tiba, yang semuanya memengaruhi kepuasan pelanggan.

Kontainerisasi terdiri dari memasukkan barang dalam kotak atau trailer yang mudah dipindahkan antar dua model transportasi.

•    Piggyback   : penggunaan rel dan truk
•    Fishyback    : penggunaan air dan truk
•    Trainship     : penggunaan air dan rel
•    Airtruck      : penggunaan udara dan truk

Pengiriman dapat memilih dari angkutan pribadi, kontrak, dan angkutan umum. Angkutan kontrak adalah organisasi independen yang menjual layanan transportasi kepada pihak lain berdasarkan kontrak. Angkutan umum memberikan layanan antara titik yang ditentukan sebelumnya berdasarkan jadwal dan tersedia bagi semua pengirim dengan tarif standar.

Contoh transportasi: Di Eropa, P&G menggunakan tiga kelompok sistem logistik (angkutan pribadi, kontrak dan umum) untuk menjadwalkan pengiriman barang paling efisien.
69106-P-G_products_medium





2.3.5    Pelajaran Organisasional
Strategi logistik pasar harus diturunkan dari strategi bisnis, bukan hanya dari pertimbangan harga. Sistem logistik harus memberikan informasi intensif dan membentuk hubungan elektronik di antara semua pihak yang berkepentingan. Terakhir, perusahaan harus menetapkan tujuan logistiknya untuk menyamai atau melebihi standar layanan pesaing dan harus melibatkan anggota semua tim yang relevan dalam proses perencanaan. Melaksanakan logistik dengan benar akan memberikan imbalan besar.

Contoh : Pepsi Bottling Group (pembotol independen dan distributor terbesar Pepsi) memperbaiki rantai pasokan yang bocor di tahun 2002 hingga angka kejadian kehabisan stok berkurang signifikan di 2006.









































BAB III
KESIMPULAN

            Perdagangan eceran meliputi semua kegiatan yang dilibatkan dalam penjualan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan non bisnis. Pengecer bisa dipahami berdasarkan perdagangan eceran toko, perdagangan eceran non toko dan organisasi eceran. Seperti produk, jenis toko eceran melalui tahap-tahap pertumbuhan dan penurunan. Ketika toko yang ada menawarkan lebih banyak jasa agar tetap kompetitif, biaya dan harga naik, dan membuka pintu ke bentuk eceran baru yang menawarkan bauran barang dan jasa dengan harga yang lebih rendah.
Jenis toko eceran utama adalah toko khusus, depatement store, pasar swalayan, toko kelontong, toko diskon, pengecer off price / harga murah (factory outlet, pengecer off price independen, dan klub gudang), superstore (kombinasi toko dan pasar swalayan), dan ruang pamer catalog. Meskipun sebagian besar barang dan jasa dijual melalui toko, perdagangan eceran nontoko juga tumbuh. Jenis perdagangan nontoko yang utama adalah penjualan langsung (penjualan satu-satu), penjualan satu ke banyak pihak, dan pemasaran jaringan multilevel), pemasaran langsung (yang meliput e-commerce dan perdagangan eceran internet), mesin penjual otomatis, dan layanan pembelian.
            Meskipun banyak toko eceran dimiliki secara independen, semakin banyak jumlah toko eceran yang berbentuk perdagangan eceran korporat. Organisasi mencapai banyak skala keekonomisan, seperti daya beli yang lebih besar, pengakuan merek yang lebih luas, dan karyawan yang lebih terlatih. Jenis utama perdagangan eceran korporat adalah toko rantai korporat, rantai sukarela, koperasi pengecer, koperasi pengecer, organisasi waralaba, dan konglomerasi perdagangan. Seperti semua pemasar, pengecer harus mempersiapkan rencana pemasaran yang mencakup keputusan pasar sasaran, pilihan produk dan pengadaan barang, layanan dan atmosfer toko, harga, promosi, dan tempat. Keputusan ini harus memperhitungkan tren utama, seperti pertumbuhan label pribadi, bentuk dan kombinasi eceran baru, pertumbuhan persaingan eceran antar jenis, persaingan antara perdagangan eceran berbasis toko dan nontoko, pertumbuhan pengencer raksasa, penurunan pengecer pasar menengah, pertumbuhan investasi dalam teknologi, dan kehadiran global pengecer utama.
Perdagangan grosir meliputi semua kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang atau jasa kepada mereka yang membeli untuk dijual kembali  atau penggunaan bisnis. Pedagang grosir dapat melaksanakan fungsi dengan lebih baik dan lebih efektif biaya dibandingkan produsen. Fungsi-fungsi ini meliputi penjualan dan promosi, pembelian dan pembentukan pilihan, fungsi pemecahan, gudang, transpotasi, pembiayaan, penanggung resiko, menyebarluaskan informasi pasar, dan pengawasan layanan dan konsultasi manajemen.
            Ada empat jenis padagang grosir : pedagang grosir pialang dan agen; cabang penjualan produsen dan pengecer, kantor penjualan, dan kantor pembelian; dan berbagai pedagang  grosir seperti pengumpul produk pertanian dan perusahaan lelang.
Seperti pengecer, pedagang grosir harus memutuskan pasar sasaran, pilihan produk dan jasa, harga, promosi, dan tempat. Pedagang grosir paling berhasil adalah mereka yang menyesuaikan layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan pemasok dan pelanggan sasaran.
Produsen produk fisik dan jasa harus memutuskan logistic pasar-cara terbaik untuk menyimpan dan memindahkan barang dan jasa ke tujuan pasar;mengoordinasiakan kegiatan pemasok.agen pembelian,produsen,pemasar,anggota saluran,dan pelanggan.Perolehan uatama dalam efiensi logistic berasal dari kemajuan teknologi informasi.
by: Dewi Sarah 

2 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  2. sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
    sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
    Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
    Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
    Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
    situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet

    BalasHapus