Sabtu, 02 April 2016

tugas manajemen pemasaran internasional I



Soal :
1. Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen pemasaran Internasional? berikan contoh!
2. Jelaskan alasan perusaha an harus menjalankan manajemen pemasaran Internasional! berikan contoh!
3. Sebutkan jenis perusahaan yang harus menjalankan manajemen pemasaran internasional
4. Apakah perbedaan antara manajemen pemasaran dalam negeri dengan manajemen pemasaran di luar negeri?
5. Kapan perusahaan harus menjalankan manajemen pemasaran Internasional?

Jawaban :
1.  Pemasaran Internasional adalah pelaksanaan aktivitas-aktivitas bisnis yang mengarahkan arus barang dan jasa kepada konsumen atau pemakai pada lebih dari satu negara. Contohnya : Perusahaan Coca-Cola yang melakukan aktivitas atau kegiatan bisnisnya lebih dari satu negara.

2.  Beberapa alasan utama adanya bisnis internasional atau go international     
     1. Melayani permintaan konsumen dengan memperluas daerah pemasaran/penjualan    keluar negara   tempat perusahaan induk berada.
2. Memperoleh akses bahan baku dan faktor produksi lain dengan cost yang lebih rendah.
3. Mendapatkan akses pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan daya saing         perusahaan.
4. Kesempatan untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat jika pemasaran dilakukan ke luar negeri.
5. Kurangnya ketergantungan pada ekonomi dalam negeri

3.   Jenis perusahaan yang harus menjalankan manajemen pemasaran internasional :
- Perusahaan Multinasional (MNC)
            - Perusahaan Global
            - Perusahaan jasa
            - Eksportir 
            - Importir

4.  Perbedaan antara manajemen pemasaran dalam negeri dengan manajemen pemasaran di   luar  negeri,yaitu :
-Pemasaran Luar Negeri adalah pemasaran yang memfokuskan pada pemanfaatan  aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global serta melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalam setiap negara.
- Pemasaran Dalam Negeri adalah pemasaran yang secara nyata memfokuskan orientasi dan strateginya kepada pasar dalam negeri.  Pemasaran ini memfokuskan pada pasar Domestik untuk menghindari tantangan belajar cara memasarkan ke luar negeri.
Pemasaran Domestik juga dapat diartikan Penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan  proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di lingkungan setempat.
Jadi, perbedaan yang paling utama dari pemasaran Dalam Negeri dan Luar Negeri adalah dari tujuan produk atau jasa dipasarkan. Pada pasar Luar Negeri, produk ditujukan untuk banyak negara, sedangkan pada pasar Dalam Negeri, produk ditujukan pada pasar lokal dengan lingkup pasar yang lebih kecil.
Yang membedakannya dengan pemasaran Domestik hanyalah pemasar menghadapi lingkungan yang asing, dengan politik, regulasi , budaya, persaingan dan konsumen setempat yang berbeda dengan lingkungan tempat tinggal pemasar yang bersangkutan. Pemasaran internasional (international market) seringkali dikaburkan dengan pemasaran asing (foreign marketing)yang berarti kegiatan pemasaran di lingkungan yang berbeda dengan lingkungan asalnya.

5.  Perusahaan harus menjalankan manajemen pemasaran Internasional ketika perusahaan ingin menumbuhkan dan lebih mengembangkan perusahaannya di Negara lain serta melihat adanya peluang untuk mempromosikan produk-produknya secara global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar